Kamis, 31 Maret 2011

Program untuk Menentukan Bilangan Terbesar Antara 3 Bilangan

  • Deklarasi:

A,B,C :integer
Maks:integer
  • Deskripsi:

int A, B,C;
int maks = A;
if (B > maks) maks = B;
if (C > maks) maks = C;
cout << maks<<” adalah bilangan terbesar”;

  • Program Dalam C++

#include <iostream.h>
#include <conio.h>
class Banding
{
friend istream& operator>>(istream&, Banding&);
public:    Banding()
{};
void bandingkan()
{
int maks = A;
if (B > maks) maks = B;
if (C > maks) maks = C;
cout << maks<<” adalah bilangan terbesar”;
}private:    int A, B,C;
};
istream& operator>>(istream& in, Banding& bilangan)
{
cout << “Masukkan bilangan pertama  = “;
in>>bilangan.A;
cout << “Masukkan bilangan kedua    = “;
in >> bilangan.B;
cout << “Masukkan bilangan ketiga  = “;
cin >> bilangan.C;
return in;
};
main()
{
Banding bilangan;
cin >> bilangan;
bilangan.bandingkan();
getch();
return 0;
}

Minggu, 20 Maret 2011

PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN C++

1       Program untuk mencari titik tengah


#include <iostream.h>

int main () {

float x1,x2,y1,y2;
float a, b;

cout << "Menghitung Titik Tengah sebuah Garis" << endl;

cout <<"Pada Titik A(x1,y1) dan B(x2,y2)" << endl;

cout<<"masukkan x1 = "<<endl;

cout<<"masukkan x2 = "<<endl;

cout<<"masukkan y1 = "<<endl;

cout<<"masukkan y2 = "<<endl;

 a =(x1+x2)/2;
 b =(y1+y2)/2;

cout<<"nilai dari garis X  = "<<  a <<endl;
cout<<"nilai dari garis Y = "<<  b <<endl;
cout<<endl;

cout<<hasilnya<<”<<  a <<";"<< b<<"<<endl;

return 0;
}



2       Program untuk memisahkan bilangan integer yang kurang dari 1000 menjadi   komponen-komponennya.

 


#include <iostream.h>
int main () {
int ribuan, ratusan, puluhan, satuan, x;
cout<< "masukan nilai x = " << endl;
cin >> x;
        if(x>=1000)
      cout<<"Masukkan terlalu besar!!!" << endl;
       else
     ribuan = x/1000;
     ratusan =(x- ribuan*1000)/100;
     puluhan =(x-ribuan*1000-ratusan*100)/10;
     satuan =(x-ribuan*1000-ratusan*100-puluhan*10);

cout<< " tampilannya sebagai berikut : " << endl;
     cout << ribuan <<  " Ribuan " <<endl;
     cout << ratusan << " Ratusan" <<endl;
     cout << puluhan << " Puluhan" <<endl;
     cout << satuan <<  " Satuan" <<endl;

return 0;
}


3       Program untuk menghitung determinan matriks berordo 2 x 2


#include <iostream.h>
#include <conio.h>

void main() {


 typedef matriks[Nmaks][Nmaks];
 int i,j,determinan;
 matriks A;
 char answer;

 do
 {
  clrscr();
  cout<<"Determinan matriks A : "<<endl<<endl;
 cout<<"Masukkan Nilai Matriks A : "<<endl;
 for(i=1;i<=2;i++) {
  for(j=1;j<=2;j++) {
   cout<<"A["<<i<<","<<j<<"] = ";
   cin>>A[i][j];
  }
 }

 clrscr();
 cout<<endl;
 //Proses Mencari Determinan Matriks A

 determinan = (A[1][1] * A[2][2]) - (A[2][1] * A[1][2]);

 clrscr();
 //Output Matriks A
 gotoxy(1,5);
 cout<<"A = ";
 for(i=1;i<=2;i++)  {
  for(j=1;j<=2;j++) {
   gotoxy(2+4*j,2+2*i);
   cout<<A[i][j];
  }
 }
             
 gotoxy(1,8);
 cout<<"Determinan Matriks A = "<<determinan;
 cout<<endl;

 getch();
 clrscr();
 cout<<"== PROGRAM SELESAI =="<<endl<<endl;
 cout<<"Mau Melakukan Perhitungan Lagi?? [Y/T] "; cin>>answer;
 }
 while ((answer == 'y') || (answer == 'Y'));
}



Sabtu, 19 Maret 2011

Program menghitung luas segitiga menggunakan class

  1. CLASS
           Class adalah representasi sebuah tipe data abstrak  yang di dalamnya terdapat struktur data dan operasi (fungsi) yang berkaitan dengan struktur data tersebut. Struktur data di dalam class tersebut biasa juga disebut dengan istilah atribut atau data member. Sedangkan operasinya disebut juga dengan istilah method atau member function. Class dibuat sesuai dengan kondisi nyata artinya bahwa atribut dan operasi di dalam sebuah class adalah memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nama class-nya. Misalkan dibuat sebuah class bernama Mobil maka class tersebut setidaknya akan mempunyai atribut berupa jenis mobil, merk, isi bensin, kecepatan, dan tahun pembuatan.
          Sedangkan operasinya misalkan adalah berjalan, berhenti, tancap gas, injak rem dan nyalakan lampu.
Object sendiri merupakan instansiasi sebuah class. Class adalah template sedangkan object adalah realisasi dari template tersebut, sehingga ketika program dijalankan maka yang bertindak sebagai pelaku utamanya adalah object, bukan class. Bisa dianalogikan pada konsep procedural programming dengan class sebagai tipe data, sedangkan object adalah variabelnya (int angka;). Sebuah class bisa memiliki lebih dari satu object dengan syarat masing-masing object berbeda namanya.

  •  program menghitung bujur sangkar menggunakan clas
class bujur_sangkar
{ private:
int a,t;
float L;
public:
void input()
{
cout<<”ttluas bujur sangkarn”;
cout<<”masukkan a= “; cin >> a;
cout<<”masukkan t= “; cin >> t;
};
void output()
{
L=0.5*a*t;
cout<<”luas= ” << L << endl;
};
};
void main()
{
segitiga s;
bujur_sangkar b;
int pil;
cout<<”tttmenghitung luas segitiga dan bujur sangkarnnn”;
cout<<”t1. menghitung luas segitigan”;
cout<<”t2. menghitung luas bujur sangkarnn”;
cout<<”masukkan pilihan anda= “; cin >> pil;
if(pil==1)
{s.input();
s.output();
cout<<endl;
}
if (pil==2)
{ b.input();
b.output();
}
}

Senin, 14 Maret 2011

Algoritma transaksi buku tabungan


Algoritma adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis dan logis.
Kata Logis merupakan kata kunci dalam Algoritma. Langkah-langkah dalam Algoritma harus logis dan harus dapat ditentukan bernilai salah atau benar.
Dalam kasus kali ini penulis akan mencontohkan salah satu Algoritma transaksi buku tabungan BRI Britama dari tanggal 10 agustus - 25 oktober 2010 sebagai berikut :

1. Pada tanggal 10 agustus 2010 user melakukan pembukaan rekening dengan saldo sebesar tiga juta rupiah.

2. Pada tanggal 20 agustus 2010 user mendapatkan bunga sebesar seribu delapan ratus rupiah.

3. Kemudian pada tanggal 10 agustus 2010 user mengalami pemotongan biaya ADM sebesar sepuluh ribu rupiah dan saldo menjadi dua juta Sembilan ratus Sembilan puluh satu ribu rupiah.

4. Pada tanggal 10 september 2010 user mengalami pemotongan biaya ADM sebesar sepuluh ribu rupiah.

5. Pada tanggal 01 september 2010 user menabung atau menambahkan saldonya sebesar dua ratus lima ribu rupiah

6. Pada tanggal 01 september 2010 user menabung atau menambahkan saldonya sebesar seratus lima ribu rupiah, dan saldo menjadi tiga juta tiga ratus Sembilan puluh satu delapan ratus delapan rupiah.

7. Pada tanggal 20 september 2010 user mendapatkan bunga sebesar lima ribu lima ratus dua puluh satu rupiah.

8. Pada tanggal 20 september 2010 user mengalami pemotongan biaya ADM sebesar sepuluh ribu rupiah.

9. Pada tanggal 28 september 2010 user menabung atau menambahkan saldonya sebesar tujuh ratus ribu rupiah dan jumlah saldo menjadi tiga juta enam ratus delapan puluh ribu rupiah.

10. Tanggal 30 september 2010 user melakukan penarikan sebesar satu juta rupiah.

11. Pada tanggal 18 oktober 2010 user menabung atau menambahkan saldonya sebesar tiga ratus ribu rupiah dan jumlah saldo menjadi tiga juta tiga ratus delapan puluh tujuh ribu tiga ratus dua puluh sembilan rupiah.

12. Tanggal 20 oktober 2010 user melakukan penarikan dana sebesar dua ratus ribu rupiah,dan jumlah saldo tiga juta seratus delapan puluh tujuh ribu tiga ratus dua puluh Sembilan rupiah.

13. Pada tanggal 20 oktober 2010 user mendapatkan bunga sebesar lima ribu tiga ratus tiga puluh delapan rupiah.

14. Pada tanggal 25 oktober 2010 user menabung atau menambahkan saldonya sebesar dua juta ribu rupiah dan jumlah saldo menjadi lima juta seratus delapan puluh dua ribu enam ratus enam puluh tujuhrupiah.

Sabtu, 12 Maret 2011

PEMROGRAMAN MENGGUNAKAN C++

1.       Pemrograman fungsi  untuk menentukan Luas segitiga

#include <iostream.h>
                Int main () {
Int a,t;
Int luas;
                cout<<”masukan alas”;
                cin>>a;
                cout<<”masukan tinggi”;
                cin>>t;
luas=0.5*a*t;
cout<<”luas segitiga”<<luas<<endl;

return 0;
}

2.       Pemrograman  Perulangan
                #include<iostream.h>
                                Int main () {
                Int umur=60;
                cout<<”masukan umur:”;
                cin>>umur;
                                for (int i=0 ; i<=15 ; i++)
                                cout<<”nama”<<endl;

                return 0;
                }

3.       Pemrograman fungsi untuk menentukan luas bola

#include <iostream.h>
                Int main () {
Int r;
Int luas;
                cout<<”masukan r:”;
                cin>>r;
luas=3.14*r*r;
cout<<”luasbola:”<<luas<<endl;
return 0;
}
               
               

Jumat, 11 Maret 2011

Algoritma Aktivitas Kehidupan Sehari-hari Saya Pada Hari Senin



·         Bangun tidur
·         Beres-beres tempat tidur
·         Mandi
Ø  Siapkan handuk
Ø  Siapkan sabun, shampo, pasta gigi dan sikat gigi
Ø  Sediakan air di kamar mandi
Ø  Siapkan alat gayung
Ø  Lepas baju
Ø  Ambil air siram ke badan
Ø  Gosok gigi
Ø  Tuangkan shampo ke tangan kemudian ratakan ke rambut
Ø  Sabun seluruh badan
Ø  Bilas seluruh badan dengan air
Ø  Keringkan badan dengan handuk
Ø  Pakai baju

·         Shalat subuh
Ø  Ambil air wudhu
Ø  Siapkan sajadah dan sarung
Ø  Mulailah shalat
·         Buka-buka buku
·         Mencari makan keluar
·         Siap-siap berangkat kuliah
Ø  Siapkan buku pelajaran
Ø  Masukan kedalam tas
·         Berangkat ke kampus
Ø  Mengikuti pelajaran
Ø  Memperhatikan dosen menerangkan
Ø  Mencatat hal yang belum dimengerti dan yang penting
·         Pulang ke kost
·         Siap-siap Shalat dhuhur
Ø  Ambil air wudhu
Ø  Siapkan sajadah dan sarung
Ø  Mulailah shalat
·         Mencari makan siang
·         Istirahat
Ø  Nonton TV
Ø  Tidur siang

·         Mandi
Ø  Siapkan handuk
Ø  Siapkan sabun, shampo, pasta gigi dan sikat gigi
Ø  Sediakan air di kamar mandi
Ø  Siapkan alat gayung
Ø  Lepas baju
Ø  Ambil air siram ke badan
Ø  Gosok gigi
Ø  Tuangkan shampo ke tangan kemudian ratakan ke rambut
Ø  Sabun seluruh badan
Ø  Bilas seluruh badan dengan air
Ø  Keringkan badan dengan handuk
Ø  Pakai baju

·         Siap-siap Shalat Ashar
Ø  Ambil air wudhu
Ø  Siapkan sajadah dan sarung
Ø  Mulailah shalat

·         Nonton TV
·         Maen ke tempat teman
·         Pulang ke kost
·         Siap-siap Shalat magrib
Ø  Ambil air wudhu
Ø  Siapkan sajadah dan sarung
Ø  Mulailah shalat
·         Nonton TV
·         Buka-buka buku pelajaran
·         Siap-siap Shalat isya
Ø  Ambil air wudhu
Ø  Siapkan sajadah dan sarung
Ø  Mulailah shalat
·         Nonton TV
·         Buka-buka buku pelajaran
·         Tidur