Rabu, 29 Juni 2011

Memberi Nilai Array Dengan Pointer

    array adalah suatu tipe data terstruktur yang berupa sejumlah data sejenis (bertipe data sama) yang jumlahnya tetap dan diberi suatu nama tertentu. Array dapat berupa array 1 dimensi, 2 dimensi, bahkan n-dimensi. Nah slah satu nya adalah  "MEMBERI NILAI ARRAY DENGAN POINTER" berikut salah satu bentuk Program nya silah kan dipahami dan di mengerti.


#include<iostream.h>

#include <conio.h>
void main()
{ int x[5], *p, k;
clrscr();
p = x;
x[0] = 5;
x[1] = x[0];
x[2] = *p + 2;
x[3] = *(p+1) - 3;
x[4] = *(x + 2);
for(k=0; k<5; k++)
cout<<"x["<<k<<"] = "<< x[k]<<"\n";
getch();
}

Operasi Aritmatika & Operasi Logika dengan Pointer

Suatu variabel pointer hanya dapat dilakukan operasi aritmatika dengan nilai integer
saja. Operasi yang biasa dilakukan adalah operasi penambahan dan pengurangan.
Operasi penambahan dengan suatu nilai menunjukkan lokasi data berikutnya (index selanjutnya)
dalam memori. Begitu juga operasi pengurangan.

//Contohnya
#include <iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{ int nilai[3], *penunjuk;
clrscr();
nilai[0] = 125;
nilai[1] = 345;
nilai[2] = 750;
penunjuk = &nilai[0];
cout<<"Nilai "<<*penunjuk <<" ada di alamat memori " <<penunjuk<<"\n";
cout<<"Nilai "<<*(penunjuk+1) <<" ada di alamat memori " <<penunjuk+1<<"\n";
cout<<"Nilai "<<*(penunjuk+2) <<" ada di alamat memori " <<penunjuk+2<<"\n";
getch();
}


Suatu pointer juga dapat dikenai operasi logika.

//Contoh
#include<iostream.h>
#include <conio.h>
void main()
{ int a = 100, b = 200, *pa, *pb;
clrscr();
pa = &a;
pb = &b;
cout<<"nilai pa= "<<pa<< " nilai pb= "<<pb<<"\n";
if(pa < pb)
cout<<"pa menunjuk ke memori lebih rendah dari pb\n";
if(pa == pb)
cout<<"pa menunjuk ke memori yang sama dengan pb\n";
if(pa > pb)
cout<<"pa menunjuk ke memori lebih tinggi dari pb\n";
getch();
}


POINTER

Pointer  adalah suatu variabel yang berisi alamat memori dari suatu
variabel lain. Alamat ini merupakan lokasi dari obyek lain (biasanya variabel lain) di dalam
memori. Contoh, jika sebuah variabel berisi alamat dari variabel lain, variabel pertama
dikatakan menunjuk ke variabel kedua
Operator Pointer ada dua, yaitu :
            Operator &
Operator & bersifat unary (hanya memerlukan satu operand saja).
Operator & menghasilkan alamat dari operandnya.
           Operator *
Operator * bersifat unary (hanya memerlukan satu operand saja).
Operator * menghasilkan nilai yang berada pada sebuah alamat.

Seperti halnya variabel yang lain, variabel pointer juga harus dideklarasikan terlebih dahulu sebelum digunakan.
Bentuk Umum :
Tipe_data *nama_pointer;

//Contoh program nya
int *px;
char *sh;
Contoh Program :
#include <IOSTREAM.h>
#include <conio.h>
void main()
{ int x, y; /* x dan y bertipe int */
int *px; /* px pointer yang menunjuk objek */
clrscr();
x = 87;
px = &x; /* px berisi alamat dari x */
y = *px; /* y berisi nilai yang ditunjuk px */
cout<<“Alamat x =”<<&x <<\n”;
cout<<“Isi px = \n”, px);
cout<<“Isi x = \n”, x);
cout<<“Nilai yang ditunjuk oleh px = \n”, *px);
cout<<“Nilai y = \n”, y);
getch();
}