Sabtu, 19 Maret 2011

Program menghitung luas segitiga menggunakan class

  1. CLASS
           Class adalah representasi sebuah tipe data abstrak  yang di dalamnya terdapat struktur data dan operasi (fungsi) yang berkaitan dengan struktur data tersebut. Struktur data di dalam class tersebut biasa juga disebut dengan istilah atribut atau data member. Sedangkan operasinya disebut juga dengan istilah method atau member function. Class dibuat sesuai dengan kondisi nyata artinya bahwa atribut dan operasi di dalam sebuah class adalah memiliki hubungan yang sangat kuat dengan nama class-nya. Misalkan dibuat sebuah class bernama Mobil maka class tersebut setidaknya akan mempunyai atribut berupa jenis mobil, merk, isi bensin, kecepatan, dan tahun pembuatan.
          Sedangkan operasinya misalkan adalah berjalan, berhenti, tancap gas, injak rem dan nyalakan lampu.
Object sendiri merupakan instansiasi sebuah class. Class adalah template sedangkan object adalah realisasi dari template tersebut, sehingga ketika program dijalankan maka yang bertindak sebagai pelaku utamanya adalah object, bukan class. Bisa dianalogikan pada konsep procedural programming dengan class sebagai tipe data, sedangkan object adalah variabelnya (int angka;). Sebuah class bisa memiliki lebih dari satu object dengan syarat masing-masing object berbeda namanya.

  •  program menghitung bujur sangkar menggunakan clas
class bujur_sangkar
{ private:
int a,t;
float L;
public:
void input()
{
cout<<”ttluas bujur sangkarn”;
cout<<”masukkan a= “; cin >> a;
cout<<”masukkan t= “; cin >> t;
};
void output()
{
L=0.5*a*t;
cout<<”luas= ” << L << endl;
};
};
void main()
{
segitiga s;
bujur_sangkar b;
int pil;
cout<<”tttmenghitung luas segitiga dan bujur sangkarnnn”;
cout<<”t1. menghitung luas segitigan”;
cout<<”t2. menghitung luas bujur sangkarnn”;
cout<<”masukkan pilihan anda= “; cin >> pil;
if(pil==1)
{s.input();
s.output();
cout<<endl;
}
if (pil==2)
{ b.input();
b.output();
}
}

Tidak ada komentar:

Posting Komentar